Pages

Tuesday 2 April 2013

Cara mudah membuat Dual boot [Windows 8-7]

Membuat Dual Booting Windwows 8-7

    Bagi yang belum tau apa itu dual booting, disini kita akan membahasnya terlebih dahulu sebelum kita masuk ke inti.
    Dual Boot itu sendiri kondisi dimana PC kita memiliki 2 OS yang berbeda, jadi sewaktu kita melakukan booting atau menghidupkan PC akan ada pilihan OS apa yang akan kita gunakan, dan ternyata ilmu ini dapat kita kembangkan tergantung seberapa ketelatenan kita. tidak hanya 2 boot, tapi bisa sampai 3..
    Baik lah sekarang masuk ke inti postingan ini..
petama yang paling kita butuhkan adalah OS yang ingin kita install di PC kita, jika bingung silahkan download disini ---> KLIK!
Cara membuat dual Boot windows 7 dan 8.
  • Pertama-tama buatlah atau siapkanlah sebuah partisi yang kosong yang akan kita gunakan untuk menginstall windows 8, misalnya drive /: D untuk cara membuatnya disini -> KLIK!
  • Masukkan DVD master windows 8, anda juga bisa menggunakan flashdisk maupun HD external yang berisi boot windows 8.
  • Restart Komputer anda dan pastikan anda boot melalui DVD/ Flashdisk windows 8, anda dapat melakukannya dengan masuk bios sistem komputer anda terlebih dahulu.
  • Setelah boot ke windows 8 maka windows 8 mulai install secara otomatis dan pada menu instalasi pastikan anda memilih Custom (advenced)
  • Setelah itu pilihlah partisi dari hardisk anda yang telah anda siapkan tadi, pastikan drive yang anda pilih adalah drive yang kosong karena proses instalasi ini akan memformat partisi yang anda pilih.
  • setelah itu proses instalasi akan berlangsung, tunggu sampai selesai, dalam proses instalasi komputer anda akan restart sendiri, tunggu saja sampai selesai.
  • setelah selesai proses penginstalan anda diminta memasukkan Product key, user name dan password dan juga anda akan diminta mengaktifkan windows 8 jika ingin menikmati segala fitur-fiturnya.

 

Cara Memilih Boot default

Setelah proses installasi windows 8 telah selesai  maka boot otomatis atau boot defaultnya adalah windows 8, jika anda menginginkan boot defaultnya adalah windows 7 maka rubahlah defaultnya menjadi windows 7 di boot menu ketika pertama kali anda boot dengan windows 8, diboot menu windows 8 OS yang paling atas adalah boot defautnya. jadi anda harus merubahnya secara manual agar windows 7 anda sebagai boot default. tetapi jika anda ingin windows 8 sebagai boot default maka anda tidak perlu merubah boot menu tersebut.

Setelah semua langkah tersebut maka anda telah mempunyai dua windows sekaligus dalam komputer anda, yaitu windows 7 dan windows 8, ketika anda menghidupkan komputer maka pada boot option akan ada 2 windows yang dapat anda pilih dan pilihlah salah satu darinya, jika anda tidak memilih maka windows akan boot dengan boot default yang telah anda tentukan terdahulu.

Demikian tutorial dari saya tentang cara membuat dual boot windows 7 dan windows 8 semoga bermanfaat, dan terimakasih.


No comments:

Post a Comment

Silahkan komentar kritik dan saran yang bersifat membangun

< >

Posted by : Slamet Adi Nurrokhim


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Anda tidak diizinkan melakukan penggandaan artikel atau copy-paste tulisan kami tanpa izin dan tanpa menaruh sumber aslinya.
Kami mengaktifkan DMCA COMPLAINT sehingga kami berharap anda bisa memakluminya.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Untuk info lebih lanjut, baca terlebih dahulu PERATURAN mengenai izin share konten. Terima Kasih.