Pages

Tuesday 9 July 2013

Cara menghadapi SBMPTN dengan baik dan maksimal [?]


SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), merupakan seleksi yg atau test bagi siswa/i SMA/MA/sederajat untuk bisa masuk Universitas yang diinginkan.
nah membahas soal itu SBMPTN memang sangat sulit berkisar 5x kesulitan
UN, maka dari itu kita harus siap-siap sejak dini dan mempersiapkan segala kebutuhannya, maka dari itu saya ingin sedikit berbagi pengalamanku apa saja yg perlu di lakukan sebelum mengikuti SBMPTN.

1. Pertama kenali dulu "Apa itu SBMPTN dan sistem-sistemnya?" , mugkin ini hall sepele banyak dari teman-teman saya tidak memperdulikan bagaimana sistem-sistem SBMPTN dan hanya tau saja bahwa SBMPTN itu test untuk bisa masuk PTN, dengan memperlajari dan menyelidiki sistem testnya, kita bisa siap-siap bahwa nanti kita testnya aka seperti itu jadi kita harus mempersiapkan segala sesuatunya.
Misalnya saja kemarin ada teman saya taunya mendadak saat beberapa minggu menjelang test dia kaget ternyata ada test TKD, TKU, dan SAINTEK(IPA) dan SOSHUM(IPS), selanjutnya dia lebiha kaget ternyata sistemnya jika benar +4 salah -1, jadi dia belum siap full untuk itu akhirnya gagal.
 Untuk sistem-sistemnya bisa anda googling saja karena di posting kali ini saya hanya berbagi pengalaman bagaimana car menghadapi SBMPTN atau cari di blog ini.

2. Selanjutnya pastinya belajar, belajar dalam arti Aktif, Aktif bukan hanya di kelas tapi ilmu dari otodidak juga penting.
jika menurut surveu saya bintang kelas sekalipun belum tentu menang di banding yg di kelas biasa-biasa saja, kok bisa begitu? bagaimana tidak? biasanya bintang  kelas hanya mampu dan hebat "di kandang" belum tentu dia aktif otodidak(mencari ilmu sendiri) begitupun anak yang di kelas biasa-biasa saja di dalem kelas tapi dia punya prestasi dan bakat di luar kelas karena di SBMPTN nanti ada test/uji keterampilan juga..
so.... mari belajar dalam arti yang sebenarnya..

3. Wawancarai kakak kelas anda yang ikut SBMPTN 2013 kemarin, apa saja kendalanya silahkan di tanyakan untuk bekal kita menghadapi SBMPTN karena "Experience is the best teacher" tapi apakah kita akan mencari pengalaman itu sendiri dan menunggu kita gagl dulu? tentu tidak kita bisa belajar dari pengalaman orang lain

4. Latihan soal-soal, latihan ini juga tidak kalah pentingnya karena dengan latihan kita bisa mengukur batas kemampuan kita dan juga bisa menentukan teknik apa yang bisa kita pakai, karena kita disini tidak hanya di tuntut pintar dalam bidangnya saja tapi juga harus "cerdas" pasti anda tau apa cerdas yang saya  maksud, jika kita sambungkan ini terkait dengan No.1 di atas, kita mempelajari sistem-sistem testnya karena nanti SBMPTN komposisinya 30% soal mudah 10% sedang dan 60% soal sulit tapi yang jadi kendala kita tidak tau mana yang sulit dan mana yang susah jadi di taktik kali ini sebaiknya kita kerjakan yang bisa dan yakin saja.
untuk latihan soal-soalnya di akhir posting akan saya bagi.

 5. Jika semua usaha sudah kita lakukan saatnya kita berdo'a, semua usaha dan kerja keras kita akan sia-sia jika tidak di imbangi dengan do'a dan yakinlah! kebesaran tuhan itu pasti ada.

good luck for SBMPTN 2014 dan selamat berjuang.............................................................................

Lanjut ke soal-soal dan pembahasan SBMPTN 2013.
Daftar siswa/i yang lolos SBMPTN 2013 se Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Silahkan komentar kritik dan saran yang bersifat membangun

< >

Posted by : Slamet Adi Nurrokhim


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Anda tidak diizinkan melakukan penggandaan artikel atau copy-paste tulisan kami tanpa izin dan tanpa menaruh sumber aslinya.
Kami mengaktifkan DMCA COMPLAINT sehingga kami berharap anda bisa memakluminya.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Untuk info lebih lanjut, baca terlebih dahulu PERATURAN mengenai izin share konten. Terima Kasih.