Pages

Tuesday 9 July 2013

Tips merawat laptop yang aman dan maksimal.





Tips merawat laptop yang aman dan maksimal.
Sebagai brainware atau user yang baik kita wajib merawat laptop, merawat dalam arti segala-galanya bukan hanya di eman-eman agar tidak ilang, tidak kebanting, dan lain sebagainya.
disini saya akan berbagi sedikit yang saya ketahui tentang bagaimana cara yang baik untuk merawat laptop yang aman dan
hasilnya maksimal.

1. pertama sebagai brainware yang benar-benar peduli dengan laptop kita masing-masing kita harus sering-sering cek-up laptop kita, bisa dengan cara kita buka dahulu keyboard protector jika kita menggunakannya, lalu kita cek apakah ada yang kotor atau merasa tidak enak diliat, lalu cek juga area angin-angin laptop atau kipasnya pasti disitu banyak sekali debu yang menampel lalu bersihkan dengan hati-hati jangan sampai debu tersebut malah masuk ke dalam mesin.

2. kedua bersihkanlah semua tiap bagian laptop termasuk LCD karena LCD laptop merupakan hardware yang sangat vital dan letaknya di luar dan rawan sekali dengan kerusakan maka sebaiknya kita jaga dengan baik LCD laptop kita dengan cara menghusap atau membersihkannya dengan lap kusus untuk membersihkan LCD laptop atau bisa juga dengan kain putih yang biasanya untuk membungkus laptop kita bisa di jadikan lap, dan sebaiknya bersihkan secara teratur bukan terjadwal anda pasti ngerti maksud saya, jadikan membersihkan LCD walaupun hanya sekilas saja mengusap sebagai kebiasaan kita setelah menggunakan laptop dan juga ingat jangan sering-sering menggunakan air untuk membersihkannya walaupun itu air kusus untuk itu, lebih baik rutin kita bersihkan dengan lap kering daripada kita jadwal dengan membersihkan menggunakan air, karena sejatinya air dapat membuat debu mudah menempel.

3. jika anda brainware yang berpengalaman dan bermental kuat silahkan bersihkan hardware bagian dalam juga terutama kipas dan RAM, untuk cara membersihkannya saya rasa tidak perlu di jelaskan panjang lebar cukup bersihkan dari kotoran dan debu hingga benar-benar bersih.

4. setelah selesai membersihkan masalah hardware kita hendaknya tidak mengabaikan kebersihan software-software nya, karena biasanya berawal dari software lah laptop kita bisa rusak parah contoh kecilnya virus yang menjangkit software-software bajakan yang ada di laptop kita.
lalu software macam apakah yang harus kita bersihkan? langsung saja simak :

  • yang perlu di bersihkan OS laptop kita atau software induk dari semua software yang ada di laptop kita karena jika induknya bersih otomatis yg lain ikut bersih, lantas bagaimana membersihkannya? langsung saja bisa menggunakan sofware berupa Ccleaner,  Tuneup Utilities, dan masih banyak lagi. untuk caranya saya rasa gag perlu di jelasin karena sangat mudah dan murah. hehe bisa anda download disini silahkan TuneUp utilities klik.
  • selanjutnya saran dari saya jika suwatu kita sedang menggunakan laptop kita untuk bekerja atau mainan dan tiba-tiba terjadi "not responding" jangan terburu-buru mangkel dan langsung mematikan laptopnya, sebaiknya yang harus kita lakukan adalah :
    • menunggunya sampai 10-20 menit jika tetap tidak mau kembali seperti semula kita gunakan cara selanjutnya.
    • yaitu gunakan fitur taks manager, caranya tekan Ctrl+Alt+Del lalu pilih taks manager dan cari program mana yang not responding kita klik lalu end proses, tapi jika yang not responding tu seperti Ms. Office Word/Excel/Power Point/Potoshop dan lain sebagainya yang pekerjaan kita belum sempat kita save dan itu sangat penting sebaiknya kita tunggu saja sampai dia pulih seperti semula atau malah sampai dia "end proses" dengan sendirinya.

Demikian tips yang saya punya mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua, dan apabila ada kesalahan dalam menulis atau dalam bahasa saya meminta maaf yang sebesar-besarnya, tolong tinggalkan jejak anda dengan cara Follow blog kami, Like fan page atau cukup memberi coment kritk atau saran yang bersifat membangun.

No comments:

Post a Comment

Silahkan komentar kritik dan saran yang bersifat membangun

< >

Posted by : Slamet Adi Nurrokhim


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Anda tidak diizinkan melakukan penggandaan artikel atau copy-paste tulisan kami tanpa izin dan tanpa menaruh sumber aslinya.
Kami mengaktifkan DMCA COMPLAINT sehingga kami berharap anda bisa memakluminya.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Untuk info lebih lanjut, baca terlebih dahulu PERATURAN mengenai izin share konten. Terima Kasih.